Beranda > Arsitektur > King Fahd Causeway

King Fahd Causeway

The King Fahd Causeway tampak dari atas

King Fahd Causeway (Arab: جسر الملك فهد, Jisr al-Malik Fahd) adalah jalan lintas yang menghubungkan Arab Saudi dan Bahrain. Ide membangun jalan lintas didasarkan pada peningkatan hubungan dan ikatan antara Arab Saudi dan Bahrain. Survei kelautan dimulai pada 1968, dan konstruksi dimulai pada 1981 danberlanjut sampai 1986, ketika itu resmi dibuka untuk umum.

Sejarah

Pada tahun 1965, keinginan untuk membangun jalan lintas mulai mengambil bentuk resmi saat Shaikh Khalifah bin Sulman AlKhalifah dari Bahrain membayar kunjungan kehormatan kepada Raja Faisal dan raja mengungkapkan keinginannya untuk memiliki jalan lintas dibangun. Pada tahun 1968, kedua negara membentuk komite bersama untuk menilai usaha keuangan yang diperlukan untuk tugas itu. Akibatnya Bank Dunia diminta oleh panitia untuk berkontribusi bantuan mereka dalam metode pelaksanaan proyek raksasa ini. Hal ini diperlukan dengan mempertimbangkan aspe klingkungan dan geografis wilayah Saudi-Bahrain.

Pada musim panas tahun 1973, Raja Faisal, dalam pertemuan yang termasuk Syaikh Amir bin Isa Al Khalifa Salman serta pangeran, Fahd bin Abdul Aziz dan Syeikh Khalifa bin Salman Al Khalifa, menyarankan bahwa komite mengabaikan aspek ekonomi dan keuangan proyek dan berkonsentrasi pada pembangunan jalan lintas.

Pada tahun 1975, Bank Dunia telah mempelajari dan menyarankan setelah mencari bantuan dari ahli dalam bidang geografis, faktor lingkungan dan arus laut. Pada musim semi tahun 1976, selama kunjungan oleh Raja Khalid bin Abdul Aziz bin Salman Syaikh Isa Al Khalifa, kedua raja sepakat untuk membentuk sebuah komite menteri dari kedua negara untuk bekerja pada pelaksanaan proyek. Pada tanggal 8 Juli 1981, Mohammed Al-Khail Aba, menteri untuk Keuangan dan Ekonomi Nasional Arab Saudi danYousuf Ahmed Al-Shirawi, menteri Pembangunan Industri di Bahrain menandatangani kesepakatan untuk memulai konstruksi di jalan lintas maritim.

Pada tanggal 11 November 1982, Raja Fahd bin Abdul Aziz dan Shaikh Salman bin Isa Al Khalifa meluncurkan tirai dari Panel Memorial dalam sebuah upacara resmi yang dihadiri oleh para pemimpin negara-negara GCC yang bekerja pada proyek untuk memulai. Pada tanggal 11 April 1985, Syeikh Khalifa bin Salman Al Khalifa menekan tombol yang diperlukan untuk memasang bagian akhir dari kotak sehingga akhirnya jembatan yang menghubungkan daratan Saudi dengan pulau Bahrain  selesai. Pada 26 November 1986, jalan lintas diresmikan oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz dan Shaikh Salman bin Isa sebagai Raja Fahd Causeway.

Rincian Konstruksi

Total biaya proyek US $ 1,2 miliar (SAR3 miliar). Salah satu kontraktor utama proyek ini adalah Ballast Nedam, yang berbasis di Belanda. Jalan empat jalur adalah 25 km (16 mil) panjang dansekitar 23 m (75 kaki) lebar, dan dibangun dengan menggunakan350.000 m2 (3.800.000 sq ft) dari beton bersama dengan 47.000metrik ton baja yang diperkuat. Jalan lintas ini dibangun dalam tiga segmen mulai dari Arab Saudi:
Dari Al-Aziziyyah, selatan Khobar, ke Stasiun Perbatasan
Dari Stasiun Perbatasan untuk Nasan Pulau di Bahrain
Dari pulau ke pulau Nasan Al-Jasra, sebelah barat Manama, di pulau utama Bahrain

Terminal Perbatasan

Terminal Perbatasan terletak di tanggul No.4, dengan luas total 660.000 meter persegi, terbesar dari semua tanggul. Bangunan-bangunan Raja Fahd Causeway Otoritas dan Direktorat pemerintah lainnya didirikan di Stasiun Perbatasan, serta dua masjid, dua menara Coast Guard dan dua 65 m (213 kaki) restoran menara tinggi. Terminal perbatasan juga memiliki daratan yang luas di seluruh pulau-pulau di samping layanan dan stasiun jalan. Terminal Perbatasan dirancang sebagai dua pulau terhubung, di mana sisi barat ditunjuk untuk Arab Saudi dan timur ke Bahrain. Sisi Saudi Terminal Perbatasan memiliki gerai McDonald & Kudu.

Perluasan

Pada tanggal 6 Juli 2010, koran Saudi Raja Fahd Causeway dikutip Kepala OtoritaAbdullah Al-Bader Otaishan yang mengatakan bahwa Raja Fahd Causeway adalah untukmenjalani ekspansi besar diproyeksikan dengan biaya $ 5.300.000. Diumumkan bahwajumlah jalur keberangkatan akan meningkat dari 10 menjadi 17 dan jumlah jalurkedatangan 13-18 di kedua sisi. Renovasi mencakup pembangunan pusat komersial di sisi Bahrain.

“Ini akan memiliki sejumlah restoran, kedai kopi, toko kelontong, warung telepon dan toko untuk memenuhi kebutuhan wisatawan,” kata Al-Otaishan. “Kami melihat bahwa ada kebutuhan untuk seperti pusat untuk membantu wisatawan”. Disana ada toilet dan tempat pertemuan, perjalanan rata-rata dapat difasilitasi dengan lebih baik. Ia mengatakan pekerjaan sedang berlangsung dan pusat akan selesai pada kuartal pertama tahun depan. Sebuah pusat kesehatan Bahrain juga sedang dibangun untuk melayani wisatawan dan staf lintas. “Layanan sebuah ruang gawat darurat dan ambulans untuk melayani siapa pun yang menggunakan jalan lintas – wisatawan atau karyawan,” katanya. Mencatat pusat kesehatan Saudi juga direncanakan untuk 2011. Sebuah pos pemeriksaan keamanan akan didirikan di dekat pintu masuk dari jalan lintas Bahrain, menambahkan satu di dekat pintu masuk Saudi. “Ini akan memungkinkan kita untuk mengontrol jalan lintas dan menutupnya,” kata Al-Otaishan.

Proyek ini juga termasuk perluasan layanan publik seperti toilet dan masjid di kedua sisi jalan lintas, akan selesai pada akhir tahun. Restoran menara dua, satu Saudi dan satu Bahrain, akan dirubah melalui proyek terpisah. Menara akan direnovasi tanpa mengubah penampilan bersejarah mereka. Al-Otaishan mengatakan kepada koran lokal bahwa tender untuk proyek di sisi Saudi telah disetujui, dengan sisi Bahrain ditetapkan untuk mengikuti segera.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/King_Fahd_Causeway

Iklan
Kategori:Arsitektur
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: