Beranda > Arsitektur > MILLAU

MILLAU

Pemerintah Perancis membangun jalan bebas hambatan dari perancis menuju Spanyol. Jalan yang dibuat menuju selatan melalui lembah yang sangat luas di Millau sehingga untuk melewatinya diperlukan sebuah jembatan yang sangat tinggi untuk mengatasinya. Jika dilalui dengan jalan memutar maka akan dibutuhkan waktu beberapa jam dan juga selalu terjadi kemacetan di sepanjang jalan. Sehingga Pemerintah Perancis memutuskan untuk membanguan sebuah Megastruktur yaitu Jembatan Millau.

1.Membangun Tiang Jembatan Tertinggi Didunia

Para Insinyur harus membangun Tujuh buah pilar utama yang akan menyangga jembatan dengan ketinggian masing-masing pilar sebagai berikut:
P1 = 94,501 m; P2 = 244,96 m; P3 = 221,05 m; P4 = 144,21 m; P5 = 136,42 m; P6 = 111,94 m; P7 = 77,56 m.

Agar setiap tiang mendapatkan ketinggian puncak jembatan yang lurus maka dilakukan menggunakan GPS dengan tingkat ketelitian sampai milimeter. Tiang jembatan tertinggi dengan ketinggian 244,96 m. Ketujuh pilar yang telah rampung dikerjakan.

2. Menempatkan Deck Seberat 36.000 Ton untuk Jalan Diatas Tiang Jembatan

Pembuatan deck jalan dilakukan di tiap ujung jembatan, tetapi bagaimana akan membawa dan memasang deck seberat 36.000 ton diatas ketinggian 342 m di atas pilar jembatan. Ya !! mereka mendorong konstruksi jembatan sampai ke tengah bentang dengan menggunakan mesin hidrolik.

Tetapi ada masalah yang ditemui jika deck jembatan itu didorong dengan cara biasa seperti pada jembatan concrete lain pada umumnya. Karena tiang jembatan yg berdimensi langsing dan tinggi maka terdapat kemungkinan ketika deck jembatan didorong maka akan membuat tiang jembatan roboh. Kemudian pada Insinyur menemukan suatu solusi.

Jika kotak diumpamakan deck jembatan yang didorong seperti ilustrasi di atas maka meja yang diumpamakan sebagai tiang jembatan akan ikut terdorong dan akhirnya bisa roboh. Maka untuk mengatasinya maka dilakukan seperti teknik mendorong. Dapat dilihat bahwa ketika kotak didorong seperti cara di atas maka meja tidak bergerak.

Cara Mendorong deck jembatan: Alas yang berwarna Hijau akan ditarik oleh hidrolik yg kemudian juga akan diikuti oleh deck jembatan, kemudian kotak yang berwarna biru akan ditarik untuk kemudian memberi ruang bagi kotak hijau untuk bergerak mendorong kembali. Dan begitu seterusnya sampai deck jembatan bertemu dari kedua sisi.

Analisa mengenai dampak angin terhadap jembatan.

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah alam dalam hal ini angin sangat mempengaruhi stabilitas jembatan apalagi di atas ketinggian yang ekstrim. Karena bentuk deck jembatan yang berbentuk seperti sayap pesawat maka anda tentunya tidak mau benda tersebut akan terbang. Seperti halnya kejadian yang terjadi pada jembatan dibawah ini

Jembatan di Amerika yang bergoyang akibat goncangan angin

Oleh karena itu para insinyur melakukan simulasi terhadap miniatur jembatan yang diberi beban angin. Untuk melihat sejauh mana jembatan berdefleksi dan berdeformasi, kemudian melihat bagian konstruksi mana yang paling rentan terhadap beban angin tersebut

Deck yang berhasil didorong dari kedua sisi jembatan sampai ke titik pertemuan

Saat kedua sisi deck jembatan akan bertemu maka para engineer harus memastikan bahwa kedua deck tersebut dapat bersesuaian satu sama lain, jika perhitungan yang dilakukan tidak tepat maka seluruh proyek akan gagal. Tetapi pada akhirnya deck dapat bersatu dengan tingat margin error kesesuaian sebesar 1 cm.

3.Mengangkat Tiang Atas Penyangga Kawat Jembatan Sebanyak 7 Buah dengan Masing-masing Berat 700 Ton.

Ketujuh tiang atas telah dipasang dan kemudian dilakukan instasli kabel penahan. Setelah semua pekerjaan konstruksi jembatan telah selesai maka saatnya dilakukan pengujian beban dengan menempatankan 28 truk besar dengan berat 9 ribuan ton untuk menguji apakah jembatan dapat menahan beban. Jika jembatan tidak dapat menahan beban maka akan terjadi hal seperti ilustrasi berikut

Jembatan akan melengkung dan kemungkinan terjadi failure sangat besar. Berkat perhitungan yang hebat dari para engineer hal tersebut tidak terjadi, maka jembatan Millau siap digunakan.

Data Fakta Seputar Jembatan Millau

■ Jembatan Millau adalah jembatan kabel yang membentang di atas lembah Millau sebelah selatan Prancis. Dirancang oleh insinyur struktur Prancis Michel Virlogeux dan aseitek Inggris Norman Foster, Jemabatan tersebut adalah jembatan tertinggi di dunia dengan tinggi 343 m. Lebih tinggi dari menara Eifel dan lebih pendek 37 m dr gedung Empire State.

■ Konstruksi tersebut menghabiskan dana sebesar €400 juta.

■ 2460 m total panjang jalan di atas jembatan

■ 4,2 m tebal deck jalan dan 32,6 m lebar deck jalan

■ Menggunakan 85.000 m3 beton seberat 200.000 ton

■ 290,000 metric tons berat keseluruhan jembatan

 

Sumber:

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4309378

Iklan
Kategori:Arsitektur
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: