Beranda > Arsitektur > 10 BANGUNAN TERANEH DIDUNIA

10 BANGUNAN TERANEH DIDUNIA

1. The Crooked House (Sopot, Polandia)

Arsitek dari bangunan tersebut bernama szotynscy Zaleski. Bangunan terdiri dari 3 lantai, dibangun dengan menyesuaikan bangunan sekitarnya tetapi seolah-olah bangunan tersebut meleleh atau merosot. Konstruksi bangunan dimulai pada bulan Januari 2003 dan selesai pada bulan Desember 2003.Bangunan tersebut terletak di Rezident Shopping center di pusat kota Sopot – Polandia dan menjadi bangunan yang paling digemari untuk pengambilan foto oleh turis.

2. Forest Spiral – Hundertwasser Building (Darstadt, Jerman)

Rumah Hundertwasser “Waldspirale” (“Forest Spiral”) dibangun di Darmstadt pada tahun 1998 dan selesai pada tahun 2000. Friedensreich Hundertwasser merupakan arsitek dan pelukis Austria yang terkenal. Ia dikenal dikenal karena ide revolusionernya dalam pembangunan Forest Spiral.Dengan desain arsitektur warna-warni dan garis bangunan yang tidak teratur dengan mengkombinasikan bentuk-bentuk tanaman organik bawang berbentuk kubah membuat bangunan tersebut menjadi sangat unik.Bangunan dengan 105 unit apartemen memiliki fasilitas berupa restorandan bar cocktail.

3. The Torre Galatea Figueras (Spanyol)

Hal pertama yang Anda perhatikan adalah telur raksasa yang terpajang di atas atap bangunan tersebut. Nama bangunan yang berfungsi untuk museum tersebut diambil dari nama istri seniman surealis Dali (TORRE GALATEA). Dali sendiri tinggal di sana sampai akhir hayatnya pada tahun 1989. Menariknya, museum tersebut terletak di samping gereja paroki di mana Dali dibaptis pada tahun 1904, ia dimakamkan di sebuah kuburan tak bertanda di ruang pameran utama museum tersebut.

4. Ferdinand Cheval Palace ar Ideal Palace (Perancis)

Ferdinand Cheval Cheval alias Facteur (1836-1924) adalah seorang tukang pos yang berhasil membangun mimpinya: Le Palais ideal. Sebuah benteng yang menakjubkan dan imajiner.

Batu demi batu ia susun dan kerjakandengan disiplin secara keras pada dirinya sendiri untuk menunjukkan kemauan bahwa kemenangan bisa lebih dari segala macam kesulitan fisik dan mental. Ia juga mencapai pemahaman yang lebih sempurna dari sifat alam itu sendiri.

5. The Basket Building (Ohio, Amerika Serikat)

Bangunan The Longaberger Basket di Newark, Ohio mungkin menjadi bangunan kantor yang teraneh di dunia. Bangunan dengan luas 180.000 meter persegi merupakan replika keranjang pasar yang terkenal yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Pembangunan atas bangunan tersebut menelan biaya sebesar $ 30 juta dan menghabiskan waktu selama dua tahun untuk menyelesaikannya. Banyak ahli mencoba membujuk Dave Longaberger yang merupakan pemilik dari bangunan tersebut untuk mengubah rencananya, tapi ia ingin replika yang tepat dari hal yang nyata.Dan akhirnya ia berhasil mewujudkan keinginannya melalui bangunan yang unik tersebut.

6. Kansas City Pubilc Library (Missouri, Amerika Serikat)

Bangunan ini terletak di jantung Kansas City. Bangunan ini merupakan salah satu proyek pelopor di balik revitalisasi pusat kota Kansas City. Orang-orang Kansas City diminta untuk membantu memilih buku yang sangat berpengaruh yang mewakili Kansas City. Judul buku yang dimasukkan sebagai ‘bookbindings’ dalam desain inovatif dari eksterior garasi parkir, untuk menginspirasi orang untuk memanfaatkan Perpustakaan Pusat pusat kota.

7. Wonderworks (Pigeon Forge, TN, Amerika Serikat)

WonderWorks merupakan bangunan terbesar di dunia untuk indoor ropes. Dengan ketinggian 50 kaki tinggi, pengunjung akan naik 4 lantai dengan tali dan mereka akan hadapi lebih dari 50 rintangan yang berbeda. Kegiatan – kegiatan lainnya termasuk traverse ban, jembatan suspensi dan mengayunkan balok. Bangunan tersebut digunakan untuk hiburan bagi seluruh anggota keluarga.

8. Habitat 67 (Montreal, Kanada)

354 kubus yang megah berwarna abu-abu krem dibangun dengan menimpa satu dengan yang lain dan membentuk 146 tempat tinggal yang terletak antara langit dan bumi, antara kota dan sungai, antara hijau dan cahaya.

9. Cubic Houses (Rotterdam, Belanda)

Ide asli rumah-rumah kubik ini muncul pada 1970-an. Piet Blom telah mengembangkan beberapa kubik rumah-rumah yang dibangun di Helmond. Beberapa tahun kemudian,pemerintah kota Rotterdam memintanya untuk desain perumahan di atas jembatan penyeberangan dan ia memutuskan untuk menggunakan ide rumah kubik. Konsep di balik rumah-rumah ini adalah bahwa ia mencoba untuk menciptakan sebuah hutan dengan masing-masing kubus mewakili pohon abstrak, sehingga seluruh desa menjadi hutan.

10. Hang Nga Guesthouse (Vietnam)

Rumah ini dimiliki oleh putri mantan presiden Vietnam, yang belajar arsitektur di Moskow. Ini tidak sesuai dengan konvensi tentang membangun rumah, memiliki liku yang tak terduga. Bangunan ini tampak seperti istana di dalam dongeng yang memiliki binatang seperti jerapah dan laba-laba. Bangunan tersebut memiliki jendela yang tidak beraturan.

sumber:

http://propertyone.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=87&Itemid=99

Iklan
Kategori:Arsitektur
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: